Nilai – Nilai LGO 4D Upaya Preventif dan Solusi Biar Tidak Terjebak Hidup Hedonistik
Nilai – Nilai LGO 4D Upaya Preventif dan Solusi Biar Tidak Terjebak Hidup Hedonistik

Dalam Trimarti (2014) Utk memberikan nilai-nilai lgo 4d yang butuh di sampaikan sebagai upaya preventif dan solusi biar anak tidak terjebak dalam pola hidup hedonistik serta mengantisipasi efek negatif budaya hedonistik pada generasi muda, maka butuh dilakukan cara dan solusi sebagai berikut:

  • Dekatkan diri pada Tuhan.
    Falsafah agama menuntun manusia pada jalan cahaya. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa supaya mendapat jalan hidup yang lurus dan tidak mudah tergoda oleh godaan kesenangan duniawi.
  • Buat Skala Prioritas.
    Maksud dari skala prioritas ini yaitu utk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan berapa anggaran yang dipakai buat memenuhi keperluan tersebut.
  • Hidup sederhana.
    Kesederhanaan ialah awal dari kebahagiaan. Oleh karena itu, sejak anak masih kecil, tanamkan dalam diri mereka pemahaman bahwa hidup itu sederhana. Tidak senantiasa ada Ganjalan. Boleh saja mengikuti perkembangan teknologi, tetapi pikirkan sudut positifnya saja.
  • Bekerja keras.
    Butuh Anda pahami bahwa Seandainya Anda membeli sesuatu yang tidak penting, maka hasil usaha Anda pada awal mulanya dapat sia-sia, dan jikalau Anda bekerja keras, Anda dapat melupakan sesuatu yang tidak begitu penting.
  • Pentingnya kearifan.
    Mengaplikasikan gaya hidup sederhana adalah salah satu dari pilihan alternatif cara memberantas budaya hedonisme di kalangan remaja. Mengelola keuangan hunian tangga remaja memerlukan gerakan sehari-hari Utk tentukan bahwa pendapatan yang diterimanya, rata rata dari orang tuanya, tidak kurang dari pengeluarannya.
  • Tidak konsumtif.
    Anda mesti bisa membelanjakan uang Anda dengan bijak. Dengan begitu, Anda bisa jadi pembeli dan terhindar dari pemborosan uang dengan membeli keperluan yang tidak perlu.
  • Jangan sampai senantiasa menuruti keinginan.
    Adanya kematangan dalam memikirkan sebagai salah satu cara generasi muda melindungi diri dari gaya hidup hedonis, khususnya konsumerisme. Dalam pilih barang, remaja hendaknya membuat skala prioritas saat berbelanja biar dapat membedakan barang yang Memang dibutuhkan dan barang yang di harapkan tetapi tidak dibutuhkan.
  • Senantiasa bersyukur.
    Kesusahan dalam hidup dapat membuat seorang jadi lebih rendah hati dan penuh rasa syukur. Janganlah pilih gaya hidup hedonis. Gaya hidup ini ibarat meminum air garam: semakin banyak diminum, Anda dapat semakin haus, dan tidak bakal sempat menambah rasa puas atau bahagia. Bagi yang belum Jadi pujaan hedonisme.
  • Kritis dalam bertindak dan bertingkah laku.
    Jadi remaja yang kritis dan peka kepada lingkungannya bukanlah satu buah pilihan, melainkan suatu keharusan. Saat kita jadi remaja krisis, kita dapat menuntut ilmu masalah yang kita hadapi dan membawa perbuatan yang Cocok dan efisien.
  • Berhati- hati dalam pilih teman/bergaul.
    Tidak seluruhnya orang bisa jadi teman. Banyak orang memakai kita unutk memberikan pinjeman terhadap kami buat menjalani gaya hidup hedonis.Yang paling baik ialah menghindari atau berada dalam lingkungan hedonistik.
  • Tidak mudah merasa iri pada orang lain.
    Apabila teman atau saudaramu mempunyai sesuatu yang baru, janganlah iri dengan apa yang mereka punya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kita Butuh mensyukuri apa yang dimiliki.
  • Kuatkan Iman.
    Sebisa mungkin remaja mengusahakan utk tidak mudah terpengaruh oleh penawaran teman utk membelanjakan uang kalau Mengijinkan. Mereka yang mulai mencari ilmu bagaimana memberantas hedonisme sebaiknya meminta Tuhan menopang mereka mematuhi prinsip yang digunakan.

Buat menghindari hedonisme, sebaiknya: Sebenarnya hal ini tergantung pada kepribadian masing-masing orang. Seandainya sudah jadi ciri luar yang sulit diubah, maka ciri itu dapat senantiasa ada, walaupun seluruh orang mengusahakan melemahkannya. Bagi anak-anak dan remaja yang ingin ikut hedonisme atau sudah mulai hedonisme, gunakan cara-cara di atas buat memadamkan hedonisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *